News > Main Game Setting Hing Bebas Lag dengan Jaringan 5G
Main Game Setting Hing Bebas Lag dengan Jaringan 5G

Average rating 2 / 5. Vote count: 6

Kecepatan perkembangan dunia internet memang sangat mencengangkan. Belum lama masyarakat Indonesia menikmati akses jaringan cepat 4G, kini mereka sudah diberikan pilihan lain internet 5G.

Ya, jaringan internet terbaru, 5G belum lama dikenalkan di tanah air tepatnya 27 Mei 2021 kemarin. Tetapi apakah internet super kencang tersebut merupakan bagian penting dari bermain game online bebas lag?

5G adalah singkatan dari jaringan seluler generasi kelima. Fitur utamanya adalah kecepatan yang sangat tinggi. 5G tidak hanya lebih cepat dari 4G, tetapi juga dapat mengirim lebih banyak data, lebih stabil, dan tidak terlalu membebani baterai perangkat Anda.

Ini sangat memperluas aplikasi, seperti traktor swakemudi, kontrol tanaman pertanian dengan bantuan sensor dan dokter dari jarak jauh dapat menilai status pasien dalam ambulans (mengemudi).

5G dirancang sedemikian rupa sehingga menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar, tetapi yang terpenting juga membuat penundaan antara pengiriman dan penerimaan data ('latensi') hampir tidak terlihat.

Waktu respons yang sangat singkat berarti, misalnya, mobil, bus, dan truk yang dapat mengemudi sendiri dapat menjadi kenyataan. Kendaraan semacam itu hanya dapat berfungsi jika mereka terus-menerus berkomunikasi satu sama lain dan tanpa penundaan.

Bagus untuk aplikasi seluler. Namun, ada keuntungan besar lainnya, kecepatan 5G yang mungkin dicapai sangat tinggi sehingga bisa menjadi pengganti yang serius untuk fixed internet.

Ini berarti koneksi serat / kabel dan DSL bisa menjadi usang. Tetapi juga orang-orang yang tinggal / bekerja di daerah pedesaan memiliki akses ke internet cepat (dan bahkan televisi) tanpa harus memasang kabel.

Tes pada ponsel Samsung 5G menunjukkan bahwa kecepatan 1,25 Gbit per detik berpotensi dicapai pada jaringan 5G. Ratusan kali lebih cepat dari 4G, karena mencapai maksimal 150 Mbit, dengan 4G+ bisa sampai 225 Mbit.

Fakta kemajuan industri gaming mobile online yang kian cepat, tentu saja diperlukan akses internet berkecepatan super. Manfaat utamanya yaitu menjamin kelancaran ketika bermain game.

Tentu masih ada sejumlah aspek lain yang menentukan kelancaran menikmati game. Jaringan adalah bagian dari faktor paling utama demi kelancaran bermain game selain dari spesifikasi perangkat ponsel yang digunakan.

Ada konfigurasi setting dalam game yang ikut berpengaruh juga. Misalnya menyetel kecepatan frame yang hendak digunakan menyesuaikan dengan kapasitas ponsel. Seperti misalnya, game Garena Free Fire yang memang sudah dirancang agar dapat dimainkan secara lancar oleh setiap pemain yang menggunakan beraneka spek ponsel. Pada game Free Fire, pemain bisa menyetel kualitas grafis yang dikehendaki. Dari setelan smooth, standard atau ultra.

Lalu menentukan tingkat resolusinya apakah ingin yang normal atau tinggi. Kemudian apakah pemain berkeinginan mengaktifkan shadow atau tak ingin menggunakannya. Selanjutnya fitur filter yang dapat diaplikasikan demi menghadirkan kesan visual berbeda dibanding aslinya. Pemain pun dapat menentukan FPS dalam level normal atau high.

Hanya saja harus dimengerti, jika spek ponsel yang digunakan memang tak memadai, sebaiknya tak memakai setting grafis terlampau tinggi.

Faktor tersebut dimaksudkan supaya penurunan frame tak dialami. Sebab apabila frame mendadak anjlok, akibatnya akan muncul lag yang disebabkan tak sanggupnya hardware ponsel menyesuaikan dengan pengaturan tinggi tadi.

Sehingga adakalanya lag terjadi tidak cuma disebabkan karena jaringan jelek. Namun sebab lain semisal kualitas ponsel yang dipakai pun vital. Karena itu, boleh dibilang jika 5G bukan faktor utama kelancaran bermain game. Cek juga spesifikasi ponsel yang dipakai.