News > Review Game Battle Royale Final Fantasy VII The First Soldier
Review Game Battle Royale Final Fantasy VII The First Soldier

Average rating 3 / 5. Vote count: 1

Square Enix baru saja merilis beberapa cuplikan gameplay dari game battle royale terbaru, Final Fantasy VII: The First Soldier di Twitch. Final Fantasy VII: The First Soldier sedang bersiap menjadi game battle royale shooter yang lain dari yang lain.

Setidaknya karena game akan menyuguhkan monster dari alam semesta Final Fantasy. Binatang buas tersebut akan berkeliaran dalam map yang bisa menyerang pemain secara acak.

Game tersebut mengambil setting tempat di Midgar sebelum peristiwa Final Fantasy VII. Pemain akan memainkan calon Soldier yang harus memanfaatkan segala kemampuannya agar bisa tetap survive.

Di trailer pendek yang ditampilkan, nampak pemain akan dapat memakai senapan api, sihir, sampai combo jarak dekat apakah itu menggunakan tendangan, pukulan sampai senjata semacam pedang.

Pemain dapat memanfaatkan hampir segala elemen sihir dan shield khas yang terdapat dalam dunia Final Fantasy VII.

Kekuatan tersebut juga pilihan pertahanan misalnya mengeluarkan perisai dalam memblokir proyektil yang masuk serta kekuatan ofensif misalnya melempar bola api dan uga memanggil monster agar membantu pertarungan.

Di samping itu, sepertinya ada berbagai opsi dukungan yang disiapkan. Umpamanya, pemain bisa menyembuhkan teman satu tim atau membuat jebakan siklon kecil yang memungkinkan pemain mencapai ketinggian tertentu.

Melihat dari video trailer yang dirilis tadi, sepertinya pemain bisa menguasai tiga mantra berbeda sekaligus, dimana tiap skill itu membutuhkan jumlah MP yang tak sama.

Tiap-tiap skill itu pun punya level di sampingnya, kendati belum jelas benar cara menaikkan level. Begitu pula, Square Enix belum menyatakan bagaimana skill tersebut dilengkapi.

Perkelahian jarak dekat pun akan menjadi bagian yang mengesankan saat memainkan Final Fantasy VII: The First Soldier. Pun juga pertarungan jarak jauh yang lebih tradisional yang menjadi ciri khas dari kebanyakan game battle royale. Keuntungan yang didapat pemain dari serangan jarak dekat pastinya gerakan yang tidak terdengar oleh lawan.

Materia pun akan disuguhkan dalam Final Fantasy VII: The First Soldier ini. Pertama kali diperkenalkan dalam seri di Final Fantasy VII, Materia merupakan item yang memungkinkan karakter bisa tumbuh lebih kuat kemudian mendapatkan skill baru.

Dalam seri The First Soldier ini pun Materia memiliki fitur yang hampir sama, meningkatkan kemampuan magis karakter dan menjadikannya makin tangguh.

Belum dapat dipastikan mengenai tanggal rilis Final Fantasy VII: The First Soldier, tetapi pemain bisa mendaftar untuk Final Fantasy VII: beta yang akan diadakan antara tanggal 1 dan 7 Juni.

Square Enix cuma menyebutkan jika game ini bakal dirilis untuk platform iOS maupun Android di tahun 2021 pada bulan yang belum dipastikan. Hanya saja, mengingat ini merupakan game multiplayer, ada kemungkinannya bakal dikeluarkan pada peluncuran terbatas sebelum ditawarkan secara global guna menguji server serta mendapatkan umpan balik dari banyak pemain.

Sebagaimana yang kerap ditemukan dalam game multiplayer untuk mobile, Final Fantasy VII: The First Soldier merupakan game gratis untuk dimainkan di iOS maupun Android.

Hanya saja, Square Enix tak menjelaskan dengan detil seperti apa mekanisme In App Purchase yang ada dalam game ini.

Game battle royale umumnya menawarkan sejumlah battle pass sehingga memungkinkan pemain memperoleh beragam item untuk naik level dalam satu musim.

Umumnya ada versi gratis dan berbayar sebagai ciri In App Purchase. Di samping itu, boleh jadi akan ada pula item yang dapat dibeli pemain menggunakan mata uang game. Itu dapat berbentuk skin untuk karakter tersebut senjata maupun kekuatan.